LKS jawa Timur ke 21 - preparation and Day 1

halo saya mau share sedikit tentang cerita saya waktu ikut LKS jatim yang ke 21 betempat di buduran - sidoarjo. LKS ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 5-7 maret 2013. Dari sekolahku ikut lomba debat bahasa inggris, Software application, Networking, web design dan design Grafis. Perwakilan dari lomba debat adalah aku, nanda, arum, sama daniar. Kalo lomba IT nya per lomba hanya di wakili oleh satu orang, Software application : mbak hanna -yang rajin banget pinter banget cantik banget-, Networking : mas nugroho - yang kayak nya pendiem jadi aku nggak begitu kenal, Web design : mas ilham - nggak begitu kenal juga - , Design grafis : Mas Idhang -yang nama aslinya bukan idhang, aku lupa siapa yang jelas mas ini suka makan haha-
dari kiri : pak rahmat , mas ilham , mbak hana, mas nugroho, pak hadi -ini foto ngambil dari fb pak hadi-
foto yang di atas ini lokasi lombanya bukan di buduran tapi di surabaya, mungkin karena banyaknya bidang lomba yang di kompetisikan jadi satu sekolah aja nggak cukup buat acaranya jadi dibagi bagi ke beberapa daerah.


oh ya selama 3 hari itu kita menginap di mess telkom, yang beralamat di jl ketintang 156 Surrabaya. Sayang nya kita nggak sempet ngambil foto di mess ini, messnya ini enak banget . ber-ac dan bersih :)

ini dia pak hendy, guru saya yang super keren. Beliau ini seorang motivator dan inspirator, beliau baik nggak terkira, beliau lah yang membuat kita lancar mengikuti lomba ini .. terimakasih pak hendy :)

***

sebelum kita berangkat ke LKS, 2 minggu sebelumnya kita di panggil ke ruang kepala sekolah untuk di briefing. Ternyata selama 2 minggu kita dapat dispensasi untuk persiapan LKS jatim, untuk tim debat ya latihan debat, untuk tim IT ya latihan didepan laptop :D
kebayang ? dispen selama 2 minggu .. waaaaa pasti bayanginnya pada enak gitu ya. sebenernya enggak, ninggal pelajaran semacam beresiko karena kita kalah start sama temen temen plus ketinggalan banyak ulangan, dan entah kenapa pas dispen kemaren itu pas lagi rame ramenya ulangan . hiks T.T
untuk tim debat yang di dispensasi bukan hanya 4 orang yang saya sebutkan tadi melainkan ada 7 orang -kok banyak banget?- iya, karena kalo debat kan butuh tim lawan buat tanding..
Tim lawan ini terdiri dari daniar, alfin, sama alif. Ohya daniar ikut berangkat sebenernya cuma cadangan :D
tahun ini memang cadangan, tapi tahun depan siapa tau dia bisa benar benar main debat, right?
yang satu nya lagi namanya ari dia adalah seorang keyworder bagi kami, karena setiap ada mosi -masalah yang di perdebatkan- dia cepeeet banget nyari bahan di internetnya :D
sebenernya kasian sama tim yang ikutan di dispen tapi akhirnya nggak berangkat tapi ya mau gimana lagi, kita ini adalah tim jadi kita harus kompak, dispen ya dispen bareng.. nggak ulangan ya nggak ulangan bareng, nyusul ulangan ya nyusul ulangan bareng muehehehe. Ohya selama 2 minggu ini kita dapat uang konsumsi yang lumayan lah 7500 kali 10 hari :) . niat banget kan sekolah ngasih supply biar kita latihannya lancar?

ini dia tim debat tahun ini , dari kiri : arum, nanda, Ms.Anis asour belooooved teacher <3, aku, daniar :) 
ini foto yang ada ari-nya paling kiri :D
ohya waktu itu seminggu sebelum LKS jatim kita nyoba ikut BET2013 di ub, awalnya sih buat pemanasan eh ternyata yang ikut malah se-indonesia dan bukan cuma SMK aja tapi SMA juga ... yang awalnya kita kira ini hanya pemanasan ternyata ini semacam pembakaran karena lebih susah dari LKS jatim yang pesertanya dari SMK dan sejawatimur. Ternyata kita kalah.. apalagi kita sempet tanding lawan tim dari bali yang bahasa inggrisnya udah kayak orang native-asli inggris- dan ya nggak papa.. masih ada LKS jatim -pikir kita waktu itu-
kalo pingin tau bet itu apa klik aja webnya disini disitu juga sudah tertulis juaranya siapa, dan kita ada di rank berapa hehe. 
***

kita berangkat dari sekolah tanggal 4 tepatnya hari senin, sebelum berangkat kita ada acara pemberangkatan resmi yaitu pamit sama kepala sekolah dan bapak ibu guru.
pamit sama bapak ibu guru di aula

ohya kita berangkat naik 2 mobil, yang satunya mbol kijang innova yang emang punya sekolah. dan mobil yang satunya apv punya pak hendy, pak hendy baik banget kan ? nggak kebayang gimana kalo nggak ada beliau. Apalagi kita sebagai tim debat adalah jumlah peserta terbanyak dan otomatis butuh kursi terbanyak haha. ohya sebelum berangkat kita juga masih dikasih uang saku yang lumayan juga ~
sekali lagi aku bilang, sekolah ku niat banget.

***
akhirnya sampe di sidoarjo dan ini technical meeting untuk lomba debat yang masih tanggal 4

***
DAY1
besoknya tanggal 5 maret, hari dimana pertandingan di mulai :D
hari pertama aja udah keliatan banget kalo manajemennya masih kacau, di jadwal katanya mulai jam 8 tapi nyatanya mulai jam 10 :)
terus harusnya setiap mau tanding semua tim dikumpulkan dalam satu ruang, baru berangkat sama sama dari ruang itu keruang debat masing masing -kayak di bet brawijaya kemarin- tapi disini enggak, sistem nya pake sistem jadul yang pake orang manggil 1 per satu tim -.-
ohya casebuilding nya juga aneh, masa iya casebuildingnya bareng bareng di satu ruangan -case building itu semacam nulis argumen yang mau kita sampein- masalahnya, gimana kalo tim lawannya tau apa yang bakalan kita omongin ? kalo di ub kemarin sih case building nya di ruang yang bakal di jadiin ruang tanding debat, biasanya yang tim positif (affirmative) case building di dalem ruangan dan yang tim negatif (opponent team) casebuilding di luar ruangan.
karena pesertanya sebanyak 66, maka di bagi menjadi 4 kloter (round). per round ada 20 tim debat yang bertanding, dan sisanya hanya 6 tim.
karena aku kloter yang ketiga maka aku disana kurang kerjaan, beruntunglah buanis -guruku- kenal dengan guru lain dari smkn 8 Malang, jadi kita juga kenalan dengan siswanya. Kebetulan smkn8 ini tanding juga di kloter ketiga.. jadi untuk menunggu giliran kita tanding debat, kita main UNO hahaha
battle uno smk telkom sandhy putra malang vs smkn8 malang
our happines when waiting for our turn :D
sekitar setelah solat duhur kita baru tanding lawan smkn1 Dlanggu Mojokerto dengan mosi -masalah yang diperdebatkan- adalah :
THW ban parents from giving any form of physical punishment like hitting, slapping, and etc.
maksudnya mosi ini mau melarang orang tua melakukan hukuman fisik kepada anaknya contohnya memukul dan menampar.
kita waktu itu kebetulan menjadi opponent team yang artinya kita menentang mosi ini, dan alhamdulilah kata juri kita menang dengan margin 1 (margin adalah beda skor antar tim yang kalah dengan tim yang menang)
meskipun margin cuma satu nggak papa yang penting kita dapan 1 vp (vp adalah victory poin, poin kemenangan lah maksudnya) . Kita menang karena kita percaya bahwa kekerasan disini bukan penyiksaan melainkan berbasis edukasi, orang tua juga pasti kira-kira lah kalo mau hukum anak, dan yang pasti karena dengan menghukum membuat anak lebih ingat bahwa hal yang dilakukan itu salah dan tidak akan mengulanginya lagi.

ini di juri waktu tanding lawan smkn1 dlanggu mojokerto. see ? yang tengah itu mahasiswa asli debaters.
kanan kiri masih ada aja guru yang menjadi juri
padahal.. nggak semua guru bahasa inggris bisa debat bahasa inggris :') eh

***
setelah selesai tanding dengan smkn1 dlanggu, kita harus menunggu lagi untuk pertandingan yang selanjutnya. Dan bayangkan , sistem pengumumannya masih dengan selebaran kertas yang diprint. Ini juga molor , alesannya printer rusak. helooo ini tahun berapa masih pake printer buat ngumumin ? belum lagi ketidak efektifannya saat kertas pengumuman di tempel dan seluruh orang rela berdesak desakan hanya untuk melihatnya. Kenapa pengumumannya nggak pake proyektor aja kayak pas technical meeting kemarennya ? huh.
akhirnya pengumuman baru keluar sekitar jam 4-5 sore. terus untuk pertandingan yang kedua ternyata tim saya malah di kloter keempat.. jadi kloter yang terakhir deh.

pas nunggu ini kita kelaparan, nggak dapat jatah dinner lagi, jadi daniar -adek kelas yang baik hati- nyari makanan yang Sehat untuk kita makan diluar sekolah tempat kita tanding debat. Waktu itu kita nempatin ruang case building yang belum terpakai, pas makanan dateng kita juga makan di ruangan itu.
pas tengah tengah makan -lagi enak enaknya makan- , eeeh ternyata debatnya dimulai artinya ruang casebuildingnya mau di pake.. jadi kita yang lagi makan akhirnya keluar ruangan dan pindah ketempat lain dengan nasi yang sudah terbuka dan termakan -.-
.
dan akhirnya kita baru main jam 9 malem, kebayang nggak sih molornya minta ampun ?
kita debat sambil ngantuk ngantuk, jurinya juga ngantuk ngantuk.. untuk yang kedua ini kita tanding lawan .. SMK mana ya ? lupa saking ngantuknya -.-
-kata nanda sih lawan smkn1 probolinggo-
tapi aku masih inget pertandingan yang kedua ini mosinya :
THBT the music industry should not fasilitate the comebacks of artist who commited crimes
kali ini kita menang lagi sebagai tim positif atau tim yang mendukung mosi ini bahwa memang seharusnya artis(musician) yang sudah melakukan kejahatan tidak boleh kembali kemusik industri contohnya aril deh.
karena keadaan di indonesia sekarang memang nyatanya mudah memaafkan yang salah, dan dengan kesalahan itu aril malah menjadi lebih booming. Bagaimana kalo kesalahan ini di salah gunakan sebagai fasilitas untuk mendobrak kepopuleran ?
terus kita juga menang karena.. kalau artis itu sudah bagus, harusnya dia gajinya banyak dan kalo gajinya banyak nggak masalah dong kalo dia nggak perlu balik ke dunia industri musik karena dia sudah punya modal untuk menjadi enterpreneur kan ?
oke pertandingan untuk hari pertama sudah selesau dan kita berhasil mengumpulkan 2 vp :D
padahal di jadwal harusnya ada 3 pertandingan hari ini. dasar ><

***

Poskan Komentar